Senin, 13 Mei 2013

Motor King Abang Gue


Minggu sore kemarin, gue nganterin abang gue ke halte bus Harapan Indah (HI), niatnya sih dia mau naik bus dari sana yg tujuan ke Bandung.

mungkin biasa aja ya kalo cuma nganterin abang gue turun di halte, tapi, ini telat, akhirnya gue harus kejar-kejaran dulu sama bus Prima Jasa yg udah berangkat jam tiga.

"Ndra, anterin gue ke halte Harapan Indah nyok?" kata abang gue, sambil ngeberesin barang-barang bawaannya.

gue pun tanpa ragu mengiyakan.

"busnya jalan jam berapa, Nayy?" tanya gue ketika sedang mengendarai motor King. 


"jam tiga," jawab abang gue, dia duduk di belakang gue.

"sekarang jam berapa?" tanya gue lagi, dgn volume suara lumayan kencang untuk mengimbangi suara knalpot motor King yg berisiknya naujubileh. sebenarnya gue jg pake jam, tapi gue pakenya di tangan kanan.

"jam tiga kurang,"

"kurang berapa?"

"lima,"

ampun. gue pun langsung mempercepat laju motor Kingnya mulai dari depan Ayam Bakar Purbasari. 


sesampainya di halte bus HI, bener aja, udah sepi, busnya udah berangkat.

abang gue kemudian turun dari motor dan berinisiatif untuk bertanya pada seorang tukang ojeg. gue berada di dekatnya.

"maaf, bang, numpang tanya, bus yg ke Bandung udah lewat apa blm ya?" tanya abang gue.

"wahh, baru aja berangkat, mas. masih blm jauh sih kayaknya," jawab si tukang ojeg.

"baru aja berangkat ya, ohh yaudah deh, makasih ya, bang,"

kemudian abang gue nyamperin gue.

"gimana, Nayy, kejar nggak nih?" tanya gue, karena gue jg mendengar isi percakapan mereka.

"lu megang duit nggak, Ndra?"

"ada,"

"yaudah, ayo kita kejar aja. sini, motornya biar gue yg bawa," kata abang gue.

kita berduapun langsung tukeran tempat duduk, abang gue yg bawa motor Kingnya, gue yg diboncengin. dan jg tukeran barang bawaan, abang gue yg pake helm, dan gue yg nge-gemblok tas ranselnya.

gue udah paham banget sama abang gue satu-satunya ini, kalo lagi posisi telat begitu, dia pasti bakalan ngebut total kayak pembalap SBK, makanya, gue ngeliat jam dulu buat ngukur waktu, 15:05.

dan udah bisa gue tebak, abang gue beneran kebut-kebutan salip sana salip sini, untungnya keadaan jalan Minggu sore kemarin itu nggak terlalu padat, jadi abang gue bisa lumayan leluasa berakselerasi di atas motor kingnya.

selama berada dlm situasi 'kebut-kebutan' itu, gue nggak henti-hentinya komat-kamit dlm hati. tapi bukan "astagfirulloh,", dan jg bukan "ya alloh, ya alloh,". kata-kata yg gue jadiin sebagai bahan komat-kamit gue adalah "gue blm nikah, gue blm nikah, gue blm nikah,". asli, kepala gue langsung berasa pusing ketika gue dibonceng secepat itu.

ketika sampe di atas jalan layang Kranji, bus Prima Jasa yg dicari udah keliatan, dia lagi terjebak macet persis di depan Pojok Busana Naga Kranji.

dan ternyata, jarak dari halte HI sampe ke atas jalan layang Kranji cuma ditempuh selama kurang dari empat menit. haddeuh, Naaaayy Nayy.

terus, ini nih yg bikin gue olah raga jantung. pernah liat adegan film dimana sekawanan perampok mengendarai motor king sedang berusaha menghentikan mobil sasarannya?? nah, situasi yg gue alami tuh persis banget kayak gitu, bedanya, kalo perampok itu nodongin kampak warna merah atau bahkan senjata api, kalo gue, nodongin duit.

sejurus kemudian, bus Prima Jasa itu kesusul jg persis di depan Grand Mall Bekasi. dari sisi kanan bus, gue ngasih tanda ke sopir busnya dgn melambai-lambai ke arahnya (sampe busnya berhenti).

abang gue pun naik bus Prima Jasa berangkat ke Bandung, sedangkan gue naik motor King pulang ke Jakarta.

ngendarain motor King itu tuh rasanya gimanaaa gitu, sakit, kayak dicubit gorila. lho?? nggak nggak, pokoknya, yg gue rasain kalo lagi ngendarain motor King tuh, keren, bawaannya mau ngebuuut terus.

dulu, pernah disuatu hari Sabtu diawal-awal Desember 2008, gue ngelakuin hal yg sama kayak yg dilakuin sama abang gue Minggu sore kemarin.

waktu itu gue masih semangat-semangatnya ngendarain motor King, maklum deh, baru bisa, jadinya tiap kali bawa motor King tuh gue selalu gaya-gayaan, kebut-kebutan, kayak yg ngerasa 'gagah' gitu.

pagi-pagi jam enaman, dari rumah gue sampe rumah temen gue di Wijayakusuma tuh cuma ngabisin waktu sekitar enam menitan (patokannya dari jam di sms ketika gue berangkat, dan jam di sms ketika gue sampe di gangnya). oiyya, waktu itu blm ada pekerjaan proyek BKT, jadi, gue bisa lurus terus tanpa sekalipun belok setelah belokan Pintu Air.

gokil, tapi, gue jg pernah ngerasain akibat dari aksi 'kebut-kebutan' gue di jalan. di pertengahan Desember di tahun yg sama, gue jatuh saat lagi ngendarain motor King.

siang itu niatnya gue mau latihan marawis di sekolah, nah, setelah belok di pertigaan Gang Saos (yg keluar Puspita), gue ngebut sampe pada akhirnya persis di depan Gang SD O6 / 10 ada angkot 21 yg berhenti mendadak. jarak yg nggak cukup panjang untuk gue mengerem sampe habis, membuat gue terpaksa menyalip angkot 21 itu, dan karena kaget ngeliat ada mobil Lossbuck di depan gue, gue pun kehilangan keseimbangan hingga jatuh terseret beberapa meter di aspal.

posisi jatuh gue waktu itu masih alhamdulillah banget, untungnya mobil Lossbuck itu berhenti sekitar 1 atau 2 meter persis di depan gue jatuh, kalo mobil Lossbuck itu nggak berhenti, mungkin gue udah masuk ke dlm kolong mobil itu dan gue nggak bisa nulis-nulis di Blog ini.

alhamdulillah banget deh pokoknya

gue ditolongin sama abang-abang penjaga showroom motor. "nggak apa-apa, mas?" tanya mereka.

"nggak apa-apa, bang, makasih ya," jawab gue.

gue jg heran kenapa badan gue nggak kenapa-kenapa, nggak ada sobek di sweater ungu ataupun celana abu-abu gue. tapi motor Kingnya? tangkinya yg bagian kiri penyok sedikit ke dlm, step sebelah kiri naik sedikit, dan setangnya jg jadi miring (yg tadinya lurus ke arah jam 12, jadi miring ke arah jam 11).

sesampainya di masjid sekolah, gue cerita ke temen-temen marawis gue kalo gue baru aja jatuh. mereka nanya kenapa? kok bisa? dimana? ada yg sakit nggak? dan disitu gue baru sadar kalo kulit tangan dan paha (yg sebelah kiri) gue pada lecet. perih euyy, kayak dicakar anak macan.

gue memperlihatkan keadaan motor King yg gue bawa pada temen-temen marawis gue. setang motornya yg miring kemudian coba dibenerin sama seorang temen marawis (temen sekelas jg) yg namanya Ivan. tau nggak gimana cara dia benerinnya?? yaelaah, cuma dijedot-jedotin ke arah berlawanan doang. tapi nggak apa-apa, yg penting sedikit berhasil. thank's sob.

selesai latihan marawis, gue pulang nemuin abang gue.

"Nayy, tadi gue jatoh. King lu lecet-lecet jadinya. setangnya miring, tankinya penyok dikit sebelah kiri, stepnya yg kiri jg naik," kata gue.

"yaudah, nggak apa-apa," sahut abang gue.

^_^
Pesan : jangan kebut-kebutan ya kalo blm punya SIM, dan jangan lupa baca doa kalo mau pergi kemana-mana, oke :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar