Senin, 20 Mei 2013

berhenti berenang




Sabtu siang pertama dibulan Februari, gue pergi sama Cholid ke sebuah kolam renang di daerah JKT Timur. kita berdua sampe disana sekitar jam 11an. pas gue sampe, cuacanya lagi mendung, dan pengunjungnya ternyata jg udah rame, bnyk yg cantik lho. (yaaa, untung aja ramenya nggak kayak cendol di dlm gelas gitu)

gue bergegas masuk ke ruang ganti di salah satu sudut kolam. sesampainya di ruang ganti, kita berdua sama sekali nggak mengganti apa-apa. masuk, cuma ngeliat kaca, terus ngomong sendiri dah, "udah ganteng blm ya?" (sambil ngerapihin rambut). abis itu, gue sama Cholid keluar bareng dgn 'merasa ganteng'. terus nggak lama, ada suara berisik gitu dari dlm ruang ganti, kacanya pecah.

gue dan Cholid terus berjalan, mencari sebuah tempat duduk di pinggir kolam sebagai basecamp. dan akhirnya, sebuah tempat duduk 'kurang beruntung' pun telah terpilih, selamat ya.

oke, tas udah ditaruh, sweater dan jeans jg udah dilepas.

beruntung banget rasanya gue dateng bareng Cholid. gue jadi keliatan gagah, kayak seorang Marinir berotot yg lagi bawa-bawa Lontong Extra Large. walaupun akhirnya ketauan jg kalo otot-otot di badan gue adalah otot photoshop. emang dah om Roy Suryo, two thumb's up for you, om.

~ ~
setelah pemanasan buat berenang selesai, gue langsung ngeluarin sebuah lotion uv white dari dlm tas gue. lotion uv white yg gue pake adalah lotion gratisan yg pernah gue dpt waktu tour Sekolah setahun lalu, wanginya udah mulai terasa aneh, kayak sari puspa dicampur sama susu murni nasional. nggak percaya?? cobain aja di rumah. haha

"lu pake hand body, Ndra?" kata Cholid saat gue mulai men-crot-kan lotion di telapak tangan kiri gue.

"iya dong, Lid. biar putih," jawab gue mantab.

"apaan? biar putih? lu malah kayak dodol Betawi yg lagi diolesin odol, Ndra," lanjutnya asal jeplak.

sialaaan!! temen gue itu langsung gue bakar gue jadiin sate

~ ~
blubuk blubuk booaaahh . . . . blubuk blubuk booaahh . . . . gue melakukan ritual 'adaptasi paru-paru' di kolam, gue keluar-masukin kepala gue di permukaan air, di dekat-dekat tangga kolam. nb: untuk saudara Cholid, gue tekankan sekali lagi, di dekat-dekat tangga kolam. gggrrhh

begitupun jg dgn Cholid, dia melakukan ritualnya sendiri sblm mulai berenang. dia nyanyiin lagu 'insya Allah' nya Maher Zein. filosophi nya begini: 'insya Allah' aman, nggak ada buaya dlm kolam. padahal?? toh seandainya emang bener ada buaya di dlm kolam, si Cholid ini mah nggak perlu takut, karena buayanya jg pasti ngibrit begitu tau kalo mangsa yg mau dimakannya adalah Cholid.

"aaarrggh . . . ." si buayanya mangap-mangap. "hahh? Cholid?!!" buayanya langsung kabur begitu ngeliat mukanya Cholid.

hemmm . . . . ngomongin ritual sblm berenang, seketika gue jadi inget waktu pertama kali pergi berenang sama adik gue, Ikrom, 5 thn lalu. "Ikrom!! ngapain disitu aja?!" badan gue udah basah dlm kolam.

"pemanasan," jawab Ikrom, dia meng-gerak-gerak-kan pinggulnya ke kiri dan kanan.

(satu jam kemudian)

"Ikrom!! ayo sini main air!!" lanjut gue, blm nyerah ngebujuk adik gue untuk masuk ke kolam.

"ntar dulu bang, Indra. sebentar lagi, ini blm panas pemanasannya," kata Ikrom dari atas pinggir kolam.

gue mati dikunyah ikan paus

"Cholid!! ayo turun!! jangan nyanyi mulu napa?!" kata gue lumayan kencang dari dlm kolam. nggak lama, akhirnya Cholid pun nyebur jg dgn cara melompat membabi buta. JEBUUURR . . . . air kolamnya surut, pengunjungnya pulang.

~ ~
gue udah beberapa kali berenang bolak-balik dari sisi ke sisi kolam. Cholid jg sama. kita berdua udah mulai capek. tapi, disebuah kesempatan, gue ngajakin Cholid untuk duel berenang. dan Cholid pun tanpa ragu mengiyakan.

oke, pertandingan antara ubur-ubur botak melawan gorila rawa siap dimulai. aba-aba dipegang Cholid. TIGA !!!

gue dan Cholid meluncur bersamaan (start) dari salah satu sisi lebar kolam. gue berenang dgn gaya katak sedangkan Cholid dgn gaya bebas. terjadi sebuah pertarungan yg sangat sengit. karena menggunakan gaya katak, gue jadi bisa ngeliat keadaan dari dlm air, dan ternyata, posisinya si Cholid udah berada satu atau dua meter di depan gue. gue pun bergegas mengejar gorila rawa itu sekuat tenaga.

beberapa detik kemudian.

booaahh . . . . gue sampe jg di sisi lebar kolam yg satunya. gila bener, Cholid udah nyampe finish duluan, sekarang dia lagi duduk-duduk sambil ngopi di pinggir kolam. *lebe

yaaa . . . . gue akuin gue kalah. ternyata gaya 'katak' ala gue blm bisa ngalahin gaya 'bebas' ala Cholid, apalagi ngalahin gaya 'this is it' ala Farah Queen.

asli nggak keren banget ini, gue kalah cepat dari orang yg udah gue remehin. gue ngeremehin Cholid cuma karena ngeliat tampilan luarnya yg kayak Lontong Extra Large itu, ehh?? malah gue yg kalah? nggak nggak lagi dah gue ngeremehin orang sblm bertanding cuma karena ngeliat view outside nya aja.

hemm . . . . secara teori, berenang dgn gaya bebas itu emang lebih cepat daripada berenang dgn gaya katak. dan karena kecepatannya 'gaya bebas' itulah, dulu, gue pernah sangat fokus belajar menguasai gaya bebas. gue pernah latihan menguasai gaya itu berbulan-bulan, sampe mau eek di kolam rasanya.

13 Mei 2011 di kolam yg sama, gue coba berenang dgn gaya bebas. assem!! rasanya gue udah mengayuh sejauh Jakarta-Bogor, ehh ternyata, cuma 25 cm jarak yg bisa gue tempuh.

sampe pada akhirnya di suatu hari Minggu, gue sadar sendiri. "coba gue gaya katak ahh? siapa tau aja bisa??" kata batin gue Minggu itu. dan nyatanya, gaya bebas emang bukan keahlian gue, keahlian gue adalah gaya katak 'yg nggak pernah gue duga sblmnya'.

dan gue jadi sadar, nggak semua yg gue mau itu bisa gue dapetin. sekarang, tinggal gimana guenya aja, mau bersyukur apa nggak atas apa yg udah gue punya?? alhamdulillah.

~ ~

ketika lagi istirahat sebentar di basecamp, gue kembali ngajakin Cholid buat turun ke kolam. tapi dia udah megap-megap kayak ikan koi, mungkin karena baru seminggu yg lalu dia ikutan donor darah.

yaudah, gue turun sendiri untuk melakukan 'bolak-balik' yg ke-5. setelah mengetahui kalau ternyata gue 'memiliki' gaya katak, 5 kali bolak-balik sisi lebar kolam adalah jarak minimum yg harus gue tempuh (saat lagi di dlm area kolam renang).

gue bersiap, berdoa, semoga aja masih kuat bolak-balik untuk yg ke-5 kalinya. (takut pingsan soalnya Minggu kemarin gue abis donor darah)

~ ~
(saat lagi renang) gue ngeliat sisi kolam semakin dekat. gue kecapean, kayak yg udah lemas gitu, udah mau nyerah aja dah rasanya. tapi berkat dukungan dari keluarga / teman / pacar / mantan / dan ikan Lohan gue (lho?? apaan dah ini?), tetap gue paksain berenang, gue terus mengayuh. akhirnya bisa, 5 kali, bolak-balik.

subhanallah banget, berenang itu rasanya 'menyenangkan'. tapi apa mau dikata, hari semakin sore, dan baru sebentar setelah gue sampe untuk yg ke-5 kalinya, hujan turun begitu derasnya, membuat gue harus 'terpaksa' berhenti berenang.

dan

gue pulang / aku pulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar